Jumat, 25 Juli 2014

CHARA Hotel


-->
Hotel Chara di bangun di atas sebuah bangunan tiga lantai yang befungsi sebagai sebuah spa keluarga bernama AMAIA.  Isu desain yang pertama adalah struktur bangunan, diperlukan sebuah sistem konstruksi bangunan yang ringan dan fleksibel yang mampu beradaptasi cepat dengan kondisi bangunan yang sudah ada. Konstruksi baja di pilih dengan pertimbangan ringan dan cepat dalam pengerjaannya.
Shiping Container menjadi salah satu alternatif jenis konstruksi baja yang akan digunakan. Setelah disimulasikan ternyata mempunyai beberapa kelemahan, kelemahan pertama adalah fleksibilitasnya dalam pengertian banyak sekali modifikasi yang perlu dilakukan, kelemahan kedua adalah akomodasi, dimana tiap kontainer harus di angkat dengan menggunakan mobile crane / tower crane yang kurang praktis mengingat lokasi jalan yang cukup padat dan kecil di sekitar lokasi, kelemahan ketiga adalah bobot, setelah dihitung total bobot kontainer melebihi daya dukung struktur bangunan eksisting.
Akhirnya diputuskan untuk menggunakan sistem / model container yang dibuat secara mandiri dan langsung di sesuaikan dengan situasi dan kondisi proyek. Dari sistem container ini Hotel Chara kemudian menemukan ciri khasnya yang dibawah sampai ke desain interior.
Suasana container yang industrial di implementasikan ke dalam ruang-ruang publik hotel seperti restoran dan atrium, dengan penggunaan material baja, wiremesh, kaca dan kayu. Secara keseluruhan pengunjung hotel ini diberikan suasana industrial yang nyaman, dengan fasilitas hotel sesuai dengan standar yang berlaku. Kamar-kamar di desain dengan suasana yang cozy didukung dengan penggunaan karpet, kayu, kain padding di dinding dan pencahayaan warmwhite secukupnya.
Secara total Hotel Chara ingin memberikan sebuah suasana city-hotel yang berbeda dengan yang lain, dimana sebuah kekurangan di awal proses desain bisa menjadi kelebihan dan keunikan tersendiri.













Location:  Jl Gatot Subroto No. 31 | Bandung | West Java | Indonesia

Team : Oky Kusprianto, Lela Alifah Rahmi
Interior Design: APTA | Mood Living

Structural Engineering: Ir. Adang Supriyadi 
General Contractor:  Mood Living 
Landscape : APTA | Mood Living
ME Engineering: Zul Khair Syams
Lighting Consultant: APTA | Mood Living
Site Area: 775 sqm
Project Area: 1560 sqm
Design Year: 2011
Construction Year: 2012
Photographs:
APTA | Mood Living

1 komentar: